BMH Malang Budidayakan Ikan Dalam Ember


BMH Jatim Gerai Malang Budidayakan Ikan dalam Ember ke Daerah Binaannya


Salah satu langkah BMH Jatimgerai Malang untuk mewujudkan ketahanan pangan dengan mengenalkan Budikdamber atau yang sudah dikenal masyarakat dengan budidaya ikan dalam ember. Sistem ini laik dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan protein hewani dan sayur hidroponik.

Instalasi budidaya ikan dalam ember sangat murah dan tidak membutuhkan lahan luas, hasilnya juga bisa dimanfaatkan untuk memenuhi gizi keluarga, selain itu juga bisa menunjang kondisi ekonomi di masa Pandemi seperti sekarang ini. 

Menurut Humas BMH Jatim gerai Malang Ruwiyanto, teknik pembuatan Budikdamber cukup sederhana dan mudah. Hanya membutuhkan ember yang kapasitasnya 80 liter, kemudian gelas plastik atau supaya lebih cantik penampilannya bisa di belikan netpot up yang harganya juga terjangkau. 
"Untuk Media tanam kangkung atau sayuran jenis hidroponik bisa menggunakan spon, bisa juga dengan arang," kata Ruwiyanto.

Ia menjelaskan iIdealnya ember yang kapasitasnya 80 liter bisa di isi bibit lele 80 ekor, atau perbandingannya satu liter air untuk satu ekor bibit lele, namun supaya pertumbuhannya bisa maksimal pada 80 liter air sebaiknya di isi 50 bibit lele.

Untuk ketahanan ikan supaya nyaman dan tidak mudah mati, menurut Ruwiyanto perlu adanya manajemen air dengan baik. 

"Salah satu diantara tips menjaga air berkualitas maka,  saat memberi pakan pada lele jangan terlalu banyak, sehingga air tidak mudah berbau, air bau karena endapan pakan yang tidak termakan lele, sehingga menjadi racun amoniak,hal ini yang mengakibatkan Lele mudah stres bahkan mati," tuturnya. 

Supaya kualitas air lebih bagus menurut Ruwi, perlu penambahan  aerator, Sehingga hal itu bisa mempermudah ikan mendapatkan kecukupan oksigen. 

"Dengan Budikdamber, maka ketahanan pangan keluarga bisa tercukupi kebutuhan protein hewani dan sayuran, dalam jangka panjang tentunya sangat membantu pertumbuhan generasi penerus bangsa yang berkualitas," jelasnya. 

Pemesanan Budikdamber bisa menghubungi kelompok budidaya ikan atau POKDAKAN Istana Ikan Balearjosari yang menjadi mitra binaan BMH Jatim gerai Malang, dengan nomor WA 081333835869.(*)


Tags :
Previous article
Next article

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel